Jumat

Tips Melakukan Pencarian di Internet Agar Sesuai dengan Kebutuhan

Berkali-kali kita dibuat kecewa sama search engine yang gak sesuai permintaan kita. Karena ternyata, banyak sekali yang ditampilkan oleh si mesin pencari tersebut, justru informasi yang gak ada hubungannya sama sekali dengan apa yang kita maksudkan. Atau mungkin hanya iklan-iklan gak jelas, yang menawarkan produk-produk atau jasa-jasa tertentu.

Untuk itulah, buat semua sobat yang seringkali harus dibuat kecewa nih, sama mbah google??!! Hehehe, sebaiknya gunakan tips-tips berikut ini:

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah membatasi kata kunci

Hal ini penting banget, karena search engine akan mencari sesuai dengan kata kunci (keyword) yang kita ketikkan. Karena itulah, sebaiknya ketikkan kata kuncinya lebih dari satu kata untuk membatasi pencarian. Dengan begitu, link yang ditampilkan tentang kata tersebut nantinya tidak akan banyak sekali.
Contoh: jika kita ingin mendownload MP3, lebih baik kita ketikkan Download MP3 daripada mengetikkan MP3 saja.

Hal kedua yang gak kalah penting yaitu, beri tanda + atau –
Hal ini dimaksudkan, agar search engine mencari semua link dan situs yang berkaitan dengan kata yang kita maksudkan. Ketikkan tanda +(plus) disetiap awal kata tersebut, misalnya: +kebudayaan +indonesia, maka search engine akan mencari link atau situs yang mengandung kata kebudayaan dan kata indonesia.
Sebaliknya, jika ingin membatasi pencarian, dengan tidak perlu menampilkan kata tersebut, ketikkan tanda –(minus) disetiap awal kata tersebut. Misalnya: kebudayaan –indonesia, sehingga yang akan tampil hanya yang berkaitan dengan kata kebudayaan saja, tidak dengan kata indonesia.

Kemudian hal yang ketiga, harus memberi tanda “ “
Dengan memberikan tanda “ “ (petik dua) pada kata atau kalimat, hasil pencarian akan lebih spesifik lagi, search engine akan mencari link atau situs yang berkaitan dengan kata atau kalimat di dalam petik dua tersebut. Misalnya: “cerita dongeng”, hasilnya bukan cerita sendiri dan dongeng  sendiri, tetapi cerita anak secara bergandengan.

Dan yang terakhir nih, untuk mencari informasi dalam bentuk gambar
Sebelumnya, klik dulu link gambar, lalu ketikkan kata kuncinya. Misal: tiger. Selanjutnya, klik cari gambar atau search. Maka, yang dimunculkan nantinya adalah semua gambar tiger (macan).

Ok deh, semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat sobat semuanya. Selamat belajar!!! Gud lak yaaa……

1 komentar:

Jangan lupa kasih komentarnya ya...
Terima kasih